Bina Pertiwi Official Website-Berita
Berita
14 Jan 2014

The New Enterprise Resource Planning Implementation Project 2014

Bina pertiwi merupakan salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan, penambahan lini bisnis baru, penambahan jumlah karyawan, serta bertambahnya distribution network.
 
Sejalan dengan perkembangan bisnis dan persaingan yang semakin ketat, dimana saat ini kompetitor berlomba-lomba dalam mengantisipasi perubahan market dan meningkatkan pelayanan pada customer.
 
Untuk itu, agar Bina Pertiwi dapat menjaga dan meningkatkan daya saingnya, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang lebih handal.
 
Saat ini, Bina Pertiwi menggunakan system SAP Business One yang telah diimplementasikan sejak tahun 2006. Seiring dengan perkembangan yang terjadi, sistem tersebut  sudah tidak dapat mengakomodir kebutuhan bisnis perusahaan.
 
Untuk memenuhi kebutuhan bisnis tersebut, maka diperlukan suatu system yang handal, serta mampu mengakomodir kegiatan operasional perusahaan, mengintegrasikan sistem informasi, meningkatkan efisiensi dari sistem informasi untuk menghasilkan manajemen yang lebih efisien dalam proses bisnis serta dapat memberikan added value.
 
---
 
Setelah dilakukan pengujian yang ketat, telah diputuskan Bina Pertiwi akan melakukan upgrade ERP (Enterprise Resource Planning) system dengan menggunakan SAP R/3 ECC6 untuk menggantikan ERP system yang ada yaitu SAP Business One.
Proses implementasi New ERP sytem akan dilaksanakan sepanjang tahun 2014, dimulai pada akhir Januari 2014, dengan nama proyek “ERP Implementation Project”.  Proses Implementasi tersebut akan melibatkan konsultan implementer, dalam project ini adalah “Prima Sistem Terpadu (PST)” yang telah terpilih melalui uji kualitas yang ketat bersama konsultan implementer lainnya.
 
---
 
Selama project berlangsung, akan ditempatkan kurang lebih 20 orang konsultan dari PST di Head Office Bina Pertiwi, dengan menempati ruangan ERP Project, dan beberapa ruang meeting lainnya. Tim konsultan tersebut akan berkolaborasi dengan tim dari Bina Pertiwi dalam melakukan proses implementasi ERP system. Ditambah lagi tim SAP dari United Tractors akan turut serta membantu sebagai advisor dalam proses implementasi tersebut.
 
ERP implementation project akan membutuhkan sinergi dari semua departemen dalam mengembangkan business blueprint terbaik yang akan menjadi dasar bagaimana sistem ERP akan dibuat. Dimana terdapat 10 modul yang akan diimplementasikan meliputi : Financial & Accounting (FI), Controlling (CO), Fund Management (FM), Sales & Distribution (SD), Production Planning (PP), Project System (PS), Service Management (SM), Plant Maintenance (PM), Human Capital Management (HCM), serta Material Management (MM). Proses implementasi terdiri atas 5 tahapan yaitu :  Project Preparationà Business Blueprint à Realization à Final Preparation à Go Live & Support. Fase Go Live & Support direncanakan akan dijalankan pada kuartal 4 tahun 2014.
 
---
 
Dengan tujuan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan melalui efisiensi proses bisnis. Diharapkan ERP System baru akan mendukung lompatan besar Bina Pertiwi menuju 1 Trilyun. (mla) 


 

Berita Terkait


Atau masukan email Anda.(Or Entry your email.)
Atau masukan email Anda.(Or Entry your email.)

Kontak Kami


Jl. Raya Bekasi Km.22

Jakarta 13910 – Indonesia

P. 021 - 46823539 / 46823540 / 46824886

F. 021 - 4600903 / 46823570/ 46824913

E. info@binapertiwi.com